Friday, May 16, 2008

Asal Usul Kejuaraan Dunia Sepakbola

Konsep Piala Dunia Sepakbola lahir pada Konferensi Antwerp FIFA tahun 1920.
Namun,gagasan itu baru terlaksana 13 Juli 1930 ketika pertandingan pembukaan dilaksanakan di stadion Pocitos,Uruguay.Presiden FIFA Jules Rimet asal Perancis menyumbang trofi kejuaraan atas namanya sendiri.

Trofi Jules Rimet Cup dibuat pematung Perancis benama Abel Lafleur,berbahan emas seberat 3,8 kg,memiliki tinggi 35 cm,bersayap dengan dasar segi delapan.
Trofi ini pernah dicuri pada sebuah pameran di London sebelum Piala Dunia tahun 1966 digelar.Untung ditemukan kembali oleh seekor anjing bernama Pickles disemak-semak di luar kota London.

Pada tahun 1930 keluar aturan bahwa Negara pertama yang berhasil tiga kali menjadi juara dunia bisa memiliki Jules Rimet Cup untuk selamanya.

Piala Dunia I tahun 1930 diikuti oleh 13 finalis dari 41 anggota FIFA.Para peserta dari Negara Eropa harus berlayar dengan kapal ke Montevideo dengan biaya perjalanan tanggungan tuan rumah.Akhirnya tuan rumah Uruguay berhasil menjadi Juara Dunia dengan mengalahkan Argentina 4-2 di final.

Sebelum Perang Dunia II pecah Piala Dunia sempat dua kali diadakan selama kurun waktu 8 tahun.Namun sesudahnya terpaksa absen karena perang berkecamuk di perbagai belahan dunia.

Baru tahun 1950,Piala Dunia ke 4 dilangsungkan di Brasil.Sebagai tuan rumah mempersiapkan diri dengan sangat baik.Sayang Tim Brasil gagal mengumandangkan lagu kebangsaan,karena kalah 2-1 dari Uruguay di Final yang diselenggarakan di Stadion Maracana.Rekor penonton tertinggi dicapai saat pertandingan final yakni 199.854 orang.

Swiss,Swedia dan Chile menjadi tuan rumah berikut.Tahun 1966 giliran Inggris,Negara sepakbola,menjadi tuan rumah.Sebagaimana Uruguay,Inggris beruntung menjadi juara dunia dengan menang 4-2 atas Jerman Barat melalui perpanjangan waktu.

Tahun 1970 giliran Meksiko terpilih sebagai tuan rumah.Di kejuaraan ini Brasil berhasil menjuarai untuk ke tiga kalinya.Sesuai aturan,Brasil sebagai Negara pertama yang menjuarai tiga kali berhak memiliki Jules Rimet Cup untuk selamanya.

Trofi Pengganti Kejuaraan Dunia Sepakbola diberi nama FIFA WORLD CUP diperkenalkan pada Kejuaraan Dunia Sepakbola Tahun 1974 di Jerman.
Trofi dengan berat 5 kg,tinggi 36cm terbuat dari emas padat dan malachite.Trofi ini karya pemahat pematung Italia Silvio Gazzaniga.
Ketentuan untuk trofi ini adalah status Trofi tetap milik FIFA.Pemenang boleh membawanya pulang untuk disimpan sampai kejuaraan berikutnya .Selanjutnya pemenang Cuma mendapat replikanya dari emas lempengan,bukan batangan.

Para Djuara Dunia:
Kejuaraan I,Uruguay tahun 1930;Juara 1.Uruguay, 2.Argentina, 3.Amerika Serikat
Top Scorer Guillerim Stabile Argentina dengan 8 gol


Kejuaraan II,Italia tahun 1934;
Juara 1.Italia ,2.Tjekoslovakia, 3.Djerman
Top Scorer empat pemain masing2 dengan 4 gol

Kejuaraan III,Perantjis tahun 1938;
Juara 1.Italia ,2.Hongaria 3.Brazil
Top Scorer: Leonidas da Silva –Brasil dengan 8 gol

Kejuaraan IV,Brazil tahun 1950 ;
Juara 1.Uruguay ,2.Brazil 3.Swedia
Top Scorer:Ademir –Brasil dengan 8 gol

Kejuaraan V,Swiss tahun 1954;
Juara 1.Djerman Barat,2.Hongaria 3.Austria
Top Scorer: Sandor Kocsis-Hongaria dengan 11 gol

Kejuaraan VI,Swedia tahun 1958;
Juara 1.Brazil 2.Swedia 3.Perantjis
Top Scorer:Just Fontaine –Perancis dengan 13 gol

Kejuaraan VII,Chili tahun 1962 ;
Juara 1.Brazil 2.Tjekoslovakia 3.Chili
Top Scorer:Drazen Jerkovic-Yugoslavia dengan 5 gol

Kejuaraan VIII,Inggris 1966 ;
Juara 1.Inggris 2.Djerman Barat 3.Portugis
Top Scorer:Eusebio-Portugal dengan 9 gol

Kejuaraan IX,Mexico tahun 1970;
Juara 1.Brazil 2.Italia 3.Djerman Barat
Top Scorer:Gerd Mueller-Jerman dengan 10 gol

No comments: